Menyapa Kembali para Sosok Penarik Simpati Publik 2016

gloria-ingin-jadi-presiden-kusrin-minta-umkm-dihargaiGloria Ingin Jadi Presiden, Kusrin Minta UMKM Dihargai

PROKAL.CO, — 2016 sudah berlalu. Banyak kontroversi dan drama yang menyertainya. Beberapa di antaranya kisah Gloria Natapradja Hamel, Muhammad Kusrin, dan Warsito Purwo Taruno. Mereka adalah sosok yang gigih berjuang menggapai mimpi, namun terempas berbelitnya birokrasi.

PERINGATAN detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus lalu sempat diwarnai kehebohan. Salah satu anggota Paskibraka Nasional mendadak dicoret dari daftar pengibar bendera dengan alasan berpaspor Prancis. Gloria Natapradja Hamel, sang Paskibraka yang dicoret itu, akhirnya tetap ikut serta dalam upacara penurunan bendera.

Kehebohan singkat itu tidak sekadar melambungkan Gloria, namun juga menyadarkan publik. Betapa banyak anak-anak yang mengalami hal seperti Gloria. Lahir dari pasangan Didier Hamel yang berkewarganegaraan Prancis dan Ira Natapradja yang merupakan WNI, Gloria terbentur aturan terbaru tentang kewarganegaraan. Kini, dia sedang dalam proses menunggu putusan MK terkait gugatannya terhadap UU Kewarganegaraan.

Gloria mengakui, peristiwa itu memiliki efek yang sangat besar terhadap hidupnya. “Terbesar dalam hidup saya, karena itu titik balik di mana saya bisa belajar banyak hal, dan kehidupan berubah 180 derajat,” ujarnya saat ditemui di sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (30/12) lalu.

Salah satunya, dia menjadi terkenal. Efek terkenal itu membuat dia harus banyak berubah, seperti mulai menjaga sikap dan berpikir masak-masak sebelum melakukan sesuatu. Sebab, dia kini menjadi salah satu contoh bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Apalagi, saat ini dia sudah diangkat menjadi Duta Pemuda Pelajar Indonesia. Dia belajar bagaimana memperlakukan kawan, juga bagaimana cara bersikap di hadapan orang lain.

Aktivitas siswi kelas XI SMA Islam Dian Didaktika Depok itu kini juga cukup padat. Selain sekolah, dia juga menjalankan tugasnya sebagai duta. Gloria kerap diundang ke berbagai sekolah untuk berbagi pengalaman dan memotivasi sesama siswa. Kemudian, dia saat ini juga menjadi pengurus Purna Paskibraka Indonesia termuda. Dia memegang posisi di bidang Generasi Muda.

Beberapa waktu belakangan, Gloria juga menjadi salah satu host sebuah acara musik di salah satu televisi swasta nasional. Dia biasa manggung pada akhir pekan. Namun, karena saat ini sedang libur sekolah, dia manggung hampir tiap hari.

Anak-anak yang mengalami hal serupa Gloria tidak bisa dibilang sedikit. “Ada satu anak namanya Kevin, dari Jerman, itu bapaknya malah sudah jadi WNI, anaknya masih warga Jerman,” timpal Ira yang kemarin mendampingi Gloria. Kendala-kendala itu masih saja terjadi sampai saat ini.

Atas alasan itulah dia menggugat UU kewarganegaraan ke MK. Dia tidak ingin mengubah pasal yang sudah ada, melainkan sekadar menghapuskan limit waktu pendaftaran anak-anak hasil perkawinan campur. Sehingga, anak-anak seperti Gloria yang lahir antara 1998-2006 bisa mendapatkan hak yang sama dengan anak-anak yang terlahir setelah 2006.

Advertisements

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: