Paskibraka yang akan Bertugas di Istana Mulai Latihan Gabungan

DETIK.COM, — Proses latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka untuk HUT Kemerdekaan RI ke-71 pada Senin (8/8) di lapangan PP PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur telah memasuki sesi latihan gabungan. Total ada 1.200-an pasukan yang merupakan gabungan dari unsur TNI- Polri yang mengikuti sesi yang lebih akrab disebut Latgab ini.

Rencananya, latihan akan dilakukan selama tiga hari ke depan, sampai Rabu (9/8).

“Kalau dua hari dirasa cukup, maka selesai. Kalau kurang, akan ditambah sehari lagi sampai mantap betul,” kata Sakhyan Asmara Deputi II Kemenpora sekaligus merangkap Plt Sesmenpora, di lokasi latihan, Senin (8/8/2016).

Latihan pada Senin kemarin memang dijalani dengan total oleh para putra-putri Paskibraka dan pasukan gabungan TNI-Polri. Di tengah guyuran hujan, mereka tetap berlatih dengan serius dan menjalankan tahap demi tahap upacara detik-detik proklamasi.

“Latihan hari ini memang penuh tantangan. Tidak masalah latihan di bawah guyuran hujan, karena ini juga bisa saja terjadi saat 17 Agustus nanti cuacanya begini,” terang Bastaman Harahap, kepala bidang Kaderisasi dan Pendayagunaan Kepemimpinan.

Selama tiga hari ke depan, sejak pagi tim Paskibraka dan pasukan gabungan mengulang prosesi upacara sampai berkali-kali. Menurut Bastaman, bisa sampai tujuh atau delapan kali latihan dalam sehari.

“Ini sudah latihan yang ketujuh, sekali lagi mereka akan selesai. Selama kepala pelatih dari unsur Kogartap I/ Jakarta terus bilang lanjut, mereka akan lanjut,” tegasnya.

Pasukan-pasukan gabungan ini memang berlatih total. Beruntung, putra-putri Paskibraka yang lolos seleksi tahun ini, memiliki kemampuan fisik yang luar biasa. Meski ada beberapa yang batuk dan flu, rata-rata tetap bersikeras untuk berlatih.

Proses latihan ini menurut Bastaman memang barus dimaksimalkan karena hanya ada delapan hari efektif tersisa sebelum mereka tampil pada upcara 17 Agustus di Istana negara. Mau tak mau, dalam kondisi hujan ataupun tidak, pasukan tetap harus menjalani latihan. [Amalia Dwi Septi]

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: