Dua Siswa Maju Seleksi Paskibra Provinsi

SUARA MERDEKA, — Sebanyak 31 siswa-siswi dari SMA/- SMK dan MAdi Purbalingga berhasil lolos dalam seleksi calon anggota pasukan pengibar bendara (paskibra). Dari 31 calon tersebut, terpilih dua siswa untuk mengikuti seleksi calon paskibra di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Mereka akan bertugas dalam upacara 17 Agustus 2016.‘’Kedua siswa itu adalah Intan Kusuma Dewi dari SMA 1 Purbalingga dan Andre Novanda dari SMA 2 Purbalingga,’’ kata Kepala Dinbudparpora, Subeno. Dia mengatakan, kedua siswa yang lolos tingkat kabupaten akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Jateng tanggal 16-17 Mei 2016.

‘’Jika menjadi yang terbaik, peserta yang lolos di Provinsi dikirim lagi ke tingkat nasional untuk bertugas sebagai paskibraka di Istana Negara,’’katanya. Dia mengatakan, seleksi paskibra sebagai media untuk menanamkan wawasan kebangsaan, nilai-nilai luhur patriotisme yang menjadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Tradisi Positif

Seleksi Paskibra juga untuk membangun tradisi dan perilaku yang positif bagi pelajar, karena kegiatan paskribra mengisyaratkan pentingnya kedisiplinan, ketegasan, kecerdasan, dan kebersamaan.

‘’Di sisi lain, seleksi ini juga untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan bagi generasi muda dan menanamkan sikap dan perilaku yang positif dalam kehidupan masyarakat,’’kata Subeno. Kepala Seksi Kepemudaan Bidang Pemuda dan Olahraga Dinbudparpora Purbalingga, Bangun Irianto, mengatakan, seleksi Paskibra diikuti 246 siswa.

‘’Dari 246 pendaftar, akhirnya kami pilih 11 putri dan 20 putra. Dari jumlah ini, kami pilih satu pasang untuk mengikuti seleksi paskibraka di tingkat provinsi,’’ katanya.(F10-55)

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: