8 Pelajar Gugur Seleksi Paskibra

8-pelajar-gugur-seleksi-paskibraTANJUNG SELOR, — Seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) yang digelar Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kaltara, telah menjaring sebanyak 42 pelajar. Sebelumnya, seleksi diikuti 50 pelajar.

Dari 42 pelajar yang berhasil lolos, 4 di antaranya mengikuti seleksi paskibra tingkat nasional. 4 pelajar tersebut berasal dari Tarakan (2 pelajar), serta asal Nunukan dan Bulungan masing-masing 1 pelajar.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikbudpora Kaltara Rusianto mengatakan, dari hasil seleksi tingkat nasional yang diambil hanya dua pelajar. Sementara dua pelajar yang tidak lolos akan bergabung bersama rekan-rekannya sebagai paskibra tingkat provinsi.

“Sehingga total Paskibra Kaltara ada 40 pelajar, yang nantinya akan dilakukan pembinaan sebelum pelaksanaan Agustus mendatang,” ujar Rusianto, kemarin (12/5).

Mengenai rencana pemanggilan bagi pelajar yang ikut seleksi paskibra tingkat nasional baru dilakukan usai Idulfitri. Sementara waktu, pelajar masih dilakukan pembinaan di kabupaten/kota masing-masing. Termasuk untuk melengkapi dokumen-dokumen menuju ke tingkat nasional.

Sedangkan pelajar yang bertugas sebagai Paskibra Kaltara akan melakukan pemusatan latihan pada 29 Juli mendatang. “Kita akan memanggil mereka untuk pemusatan latihan dengan mematangkan persiapan. Mereka akan digenjot latihan sampai jelang pelaksanaan upacara bendera,” terangnya.

Dari hasil seleksi yang telah dilakukan, kata Rusianto, tentu ada evaluasi yang dilakukan bagi pelajar. Salah satunya kesiapan fisik dan mental yang diperlukan. Apalagi pembinaan nantinya akan menguras tenaga, dengan instruktur pelatih dari kalangan TNI/Polri dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kaltara.

Rusianto menambahkan, latihan yang bakal diperoleh pelajar sama hal saat mengikuti seleksi. Di antaranya Persatuan Baris Berbaris yang perlu dimatangkan. Agar tampil pada upacara pengibaran bendera bisa maksimal. (*/uno/fen)

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: