Belajar Pola Rekrutmen dan Pendanaan Organisasi

Dari Kunjungan Paskibra Samarinda ke Bogor

[Kaltimpos] Kinerja Pengurus Purna – Paskibra Indonesia (PPI) Bogor mampu memberikan pengalaman berarti bagi pengurus PPI Samarinda ketika berkunjung ke Kota Hujan tersebut. Berikut  tulisan staf Humas dan Protokol Pemkot Samarinda AH Fersa ketika mengikuti kunjungan rombongan ke Bogor.

Kakanpora Bogor Anas S Lesmana bersama 38 anggota Paskibra setempat, Kamis (19/9) menyambut 20 anggota Paskibra maupun purna-Paskibara yang dipimpin Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Samarinda Makmun AN.

Kendati hanya berlangsung sehari, hasil pertemuan di aula gedung olahraga ini banyak memberikan manfaat bagi PPI Samarinda dalam hal menjalankan roda kepengurusan organisasi setelah menjadi Paskibra.

Sejumlah dialog kecil hingga tukar pendapat mengiringi pertemuan pagi itu. Singkat cerita, jika kepengurusan PPI Samarinda sekarang disanding dengan PPI Bogor tentu memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Dari cerita yang disampaikan Ketua PPI Bogor M Sajidin terurai, PPI sejak terbentuk 1989, dan hingga sekarang organisasinya terbilang lebih aktif .

”Hampir setiap bulan kami mempunyai agenda kegiatan untuk pelajar di sini. Mulai bakti sosial hingga pentas seni. Tak ketinggalan setiap empat tahun sekali kita selalu melaksanakan musyawarah untuk pergantian kepengurusan yang baru,” jelas Sajidin.

Terbilang wajar, karena keaktifan pengurus PPI Bogor tak lepas dukungan dana yang hampir setiap tahun selalu turun  dari pemerintah kota setempat.

”Tahun ini saja kami mendapat bansos Rp 136 juta untuk menunjang semua kegiatan PPI,” ungkap pria yang baru terpilih menjadi ketua Maret lalu.

Dana itu tadi lanjutnya tidak termasuk dalam dana kegiatan  pembinaan Paskibraka yang dikelola sendiri oleh Kantor Pemuda dan Olahraga Bogor.

Hal-hal di atas tadi jauh berbeda dengan kepengurusan PPI di Kota Tepian. Menurut Ketua PPI Samarinda Rahmatullah, pihaknya hanya sekali menerima bantuan sosial dari Pemerintah Kota, yakni pada 2007 sebesar Rp 20 juta.

”Selepas itu hingga sekarang kami tidak pernah lagi merasakan bantuan yang sama. Ditambah anggota kami sekarang lebih banyak masuk di kepengurusan PPI Provinsi,” ujarnya.

Kembali ke PPI Bogor, Sajidin berbagi resep agar kepengurusan PPI bisa terus berjalan, caranya perekrutan memprioritaskan  pelajar kelas satu atau dua di tingkat SMA.

“Hal ini dimaksudkan sebagai program regenerisasi kepengurusan PPI dari tahun ke tahun agar bisa berkesinambungan. Seperti 38 anggota Paskibra yang kami miliki merupakan pelajar kelas satu dan dua SMA,” pesannya.

Menanggapi hal tersebut, Kadispora Samarinda Makmun AN mengakui banyak yang bisa dipetik hasil dari kunjungan ke Bogor. Termasuk di antarannya konsep perekrutan Paskibraka dengan mengutamakan pelajar  kelas satu atau dua SMA.

”Karena harus diakui Paskibraka yang kita miliki sekarang sebagian besar diisi pelajar kelas tiga SMA. Jadi setelah lulus, mereka lebih banyak melanjutkan jenjang ilmu di luar daerah sehingga pada akhirnya menghambat kaderisasi,” sebut Makmun.

Terkait  bantuan sosial untuk PPI Sendiri, Makmun menambahkan letak Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kaltim menjadi hambatan untuk melakukan hal sama seperti PPI Bogor. Mengingat  semua pelaksanaan kegiatan upacara dalam peringatannya menjadi satu dengan Pemerintah Provinsi . Jadi menurutnya wajar kalau PPI Samarinda cenderung lebih banyak terlibat di provinsi.

”Tetapi bukan berarti menutup kemungkinan untuk mendapatkan bantuan. Hasil kujungan dari Bogor ini setidaknya bisa sebagai modal untuk dibahas di tingkat kota, tentunya bersama jajaran yang berwenang di kalangan pemerintah kota,” imbuhnya. (hms5/ms/k9)

Advertisements

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: