Dispora siapkan pembina paskibra

BATU BARA – Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, menggelar program training of trainers (ToT) yang diikuti 25 orang peserta untuk selanjutnya disiapkan menjadi tenaga pembina pasukan pengibar bendera (Paskibra) di daerah itu.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pembelajaran tentang bagaimana menjadi sosok seorang pembina Paskibraka,” kata Kepala Dispora Kabupaten Batu Bara T.M Syafii, di Lima Puluh, hari ini.

“Program Tot ini berlangsung 22 dan 23 April 2013 dan diikuti calon pembina Paskibra dari beberapa kalangan, di antaranya pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Batu Bara,” tambahnya.

Kegiatan ini melibatkan instruktur dari Koramil Kecamatan Lima Puluh dan beberapa orang mantan anggota Paskibra di Kabupaten Batu Bara.

Materi pelatihan meliputi, antara lain

diskusi, bermain peran, penugasan, praktek lapangan, dan tanya jawab seputar teknis mengelola upacara pengibaran bendera merah putih.

Ia berharap, para peserta ToT pembina Paskibra kelak mampu dan mau menjadi pemimpin atau “leaders” sekaligus ikut berperan aktif dalam program pembinaan generasi muda.

Selain membangun semangat dan nilai-nilai kejuangan, kata Syafii, kegiatan ToT yang diperoleh para calon pembina Paskibra juga efektif dijadikan bekal untuk membentuk sosok generasi muda yang disiplin.

Pengetahuan dan pengalaman positif yang diperoleh para peserta selama mengikuti ToT Paskibra diharapkan dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari serta ditularkan kepada masyarakat sekitar.

“Program ToT pembina Paskibra akan dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga akan selalu terbangun sinergitas kegiatan pembinaan Paskibra di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, ia juga berharap dapat terjadi proses interaksi antara para pembina, pelatih dengan peserta didik.

Dengan demikian, kata dia, kedepan para pemuda dapat mengembangkan kearifan dalam menerima proses pembelajaran di lapangan, baik teori maupun praktek.

Advertisements

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: