36 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka

TANJUNG REDEB – Antusiasme pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMA) mengikuti tahap seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka cukup tinggi. Ada sekitar 36 siswa, yang berasal dari 13 kecamatan, dikirim sekolah untuk turut serta mengikuti tahapan seleksi yang digelar Selasa (17/4) kemarin.

Penanggung Jawab Lapangan, Rusiansyah, mengatakan, tahapan seleksi tahun ini di bawah pembinaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melalui Bidang Kepemudaan. Ada beberapa tahapan seleksi yang dilaksanakan, salah satunya pasukan pengibar bendera di dalam daerah, termasuk untuk seleksi Paskibraka tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Samarinda. “Ada dua tahapan, untuk daerah termasuk kesiapan siswa yang nanti dikirimkan di tingkat provinsi,” katanya.

Dijelaskannya, secara keseluruhan peserta Paskibaraka ini berjumlah sekitar 36 orang. Terdiri dari 19 putri dan 17 putra. Seluruh siswa ini direkrut oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang terjun langsung ke setiap sekolah yang tersebar di 13 kecamatan. Salah satunya adalah kecamatan terluar seperti Maratua dan di wilayah pedalaman seperti Kelay dan Segah. “Sama seperti tahun sebelumnya, jumlah Paskibraka direkrut dari 13 kecamatan se-Berau,” jelasnya.

Dari 36 orang ini akan dipilih 3 siswa, dua putra dan satu putri, untuk dikirim mengikuti seleksi tingkat provinsi pada 5 Mei mendatang. Dikatakannya, tidak mudah menjadi seorang Paskibraka. Sebab ada beberapa kriteria yang diunggulkan. Seperti postur tubuh yang tinggi, kesiapan fisik dan mental, termasuk dilengkapi dengan wawasan maupun prestasi mereka di sekolah. ”Ini beberapa kriteria yang dipilih tiga siswa yang akan diikutsertakan pada seleksi tingkat provinsi. Semoga tahun ini Berau kembali mendapat kesempatan lagi seperti tahun lalu,” ungkapnya. (hms3/one)

Advertisements

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: