Anggota Paskibraka karyawisata ke luar negeri

Palembang (ANTARA Sumsel ) – Anggota purna pasukan pengibar bendera pusaka Kota Palembang, Selasa diberangkatkan untuk berkaryawisata ke Malaysia, Singapura dan Batam untuk menambah wawasan dan pengalaman.

Panitia pembimbing, Eduwar Palestino di Palembang mengatakan bahwa karyawisata bagi para anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) itu, merupakan hadiah sekaligus penghargaan diberikan pemerintah kota setempat karena telah berhasil menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera pada upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus lalu.

Anggota Paskibraka perwakilan dari Kota Palembang itu mendapat kesempatan berkaryawisata ke Malaysia, Singapura dan terakhir ke Batam selama beberapa hari sekaligus kesempatan menambah wawasan dan pengalaman di luar negeri.

Menurut dia, kegiatan seperti ini merupakan program Pemerintah Kota Palembang yang sudah dilakukan setiap tahun bagi para anggota Paskibraka, setelah selesai menunaikan tugas menaikkan dan menurunkan bendera pada puncak acara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus.

Hanya saja, negara tujuan karyawisatanya saja berganti-ganti, namun biasanya ke Malaysia, Singapura, Hongkong dan Thailand serta Batam.

Menurut dia, wajar saja bila pihak pemerintah kota memberikan pengharagaan bagi para paskibraka, karena dinilai berjasa dapat melaksanakan tugas negara pada momen penting suksesnya upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Memang untuk menjadi anggota paskibraka dan bertugas menaikkan dan menurunkan sang Merah Putih pada upacara HUT Kemerdekaan RI itu tidak mudah, harus melalui perjuangan dan beberapa tahapan.

Sebelum menjadi anggota Paskibraka, setiap tahun sedikitnya 600 pelajar utusan Sekolah Menengah atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah se Kota Palembang,  bersaing mengikuti beberapa tahapan tes.

Sebelum seleksi, mereka diwajibkan mengikuti latihan gabungan untuk persiapan mengikuti seleksi selama tiga hari dan dipilih yang terbaik sebanyak 40 orang, dari jumlah itu juga akan dipilih lagi untuk diikutkan pada seleksi Paskibaraka tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Khusus calon peserta lulus seleksi akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus di Pemerintah Kota Palembang yang sebelumnya akan digembleng selama lebih kurang satu bulan.

Calon peserta Paskibraka Kota Palembang tersebut nantinya diasramakan untuk mengikuti pembinaan antara lain masalah fisik, mental serta wawasan kebangsaan, sehingga mereka nantinya setelah selesai mengikuti pelatihan betul-betul menjadi pemuda yang cinta Tanah Air serta memiliki budipekerti dan akhlak yang mulia, katanya.

Sedangkan para pembinanya selama mengikuti pelatihan, selain dari para senior Paskibraka juga biasanya unsur TNI dan Polri, jadi untuk menjadi anggota Paskibraka itu tidak mudah harus melalui perjuangan fisik dan mental sampai mendapat kesempatan berkaryawisata ke luar negeri,” katanya menambahkan.(Sus)

 

Advertisements

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: