Paskibraka Mendapat Suntikan Motivasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan agar Paskibraka tidak menjadi perusak pembangunan.

Media Indonesia – Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mendapatkan suntikan motivasi dari Gerakan Nu-rani Nusantara (GAN). Mereka yang mengibarkan bendera pusaka pada 17 Agustus di Istana Merdeka itu berasal dari Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Workshop Paskibraka Depok berlangsung di Divisi Infanteri Cilodong. Adapun Paskibraka Bekasi dan Paskibraka Kabupaten Tangerang berlangsung di Asrama Haji.

Ketua Umum GAN M Fariza Irawady menjelaskan Paskibraka telah menjalani workshop motivasi bertema Hidup positifbermakna untuk sesama selama eippat hari sejak 10 Agustus.

“Kami ingin para siswa terbaik itu dapat menjadi pendidik sebaya bagi teman-temannya untuk selalu hidup positif dan bermakna tanpa narkoba,” lanjut pendiri GAN itu, kemarin.

Peserta mendapat pengetahuan bahaya narkoba serta cara menghindarinya. Tapi porsi terbesar diajarkan bagaimana memaksimalkan potensi luar biasa dalam diri, memiliki mental optimistic, tidak mudah menyerah, serta selalu bersyukur. “Materi yang kami berikan dibalut gaya komunikasi menarik agar mudah diterima para peserta,” ujar Fariza.

GNN merupakan jejaring resmi Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bertujuan memberikan civic awareness dari sisi pencegahan penyalahgunaan narkoba. Sej ak dideklarasikan pada 12 Februari 2012, GAN telah mengadakan 40 kali workshop di sekolah-sekolah, kampus, dan komunitas di Jabodetabek.

Menurut Ketua Bidang Humas GAN Varhan Abdul Azis yang juga fasilitator workshop, jumlah peserta yang telah mengikuti workshop Sahabat GAN mencapai 4.100 orang.

Kepala Subdit Masyarakat Direktorat Advokasi Deputi Bidang Pencegahan BNN Siti Alfiasih mengapresiasi kegiatan GAN. “Kami berterima kasih karena GAN secara swadana dan swadaya membantu menanggulangi permasalahan narkoba. Jika semua ormas antinarkoba aktif seperti GAN, visi Indonesia Bebas Narkoba 2015 akan terwujud,” cetusnya.

Perusak pembangunan

Secara terpisah, Presiden Su-silo Bambang Yudhoyono juga mengingatkan agar Paskibraka 2012 tidak menjadi perusak pembangunan. “Saya senang banyak warga yang sadar dan ikut berjuang membangun, tapi kita prihatin tidak sedikit yang jadi penghalang,” kata SBY kepada peserta di JIExpo Hall D2, Kemayoran, Jakpus, Selasa (14/8).

Acara tersebut diikuti Paskibraka Nasional 2012, Pasukan Kehormatan Taruna TNI/ Akpol, Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara, serta para Teladan Nasional.

Siapa perusak itu, menurut SBY, mereka yang melakukan berbagai tindak kejahatan, pelaku korupsi, pelaku kekerasan dan kerusuhan, dan banyak lagi yang mengganggu dan merusak. “Para teladan agar teruslah menjadi teladan, yang berprestasi terus berprestasi untuk masa depan lebih baik,” tegasnya.

Di acara tersebut Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono beserta istri. Selain itu, hadir Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi selaku ketua panitia perayaan HUT ke-67 kemerdekaan RI, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Panglima TNI Jenderal Agus Suhartono, dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Di sisi lain, Gubernur DKI Fauzi Bowo menjanjikan biaya penunjang bagi anggota Paskibraka DKI. Biaya tersebut diambil dari kas Yayasan Beasiswa DKI Jakarta sebagai penghargaan kepada pelajar berprestasi. (*/Ssr/J-1) fidel@mediaindonesia.com

Media Indonesia, 16 Agustus 2012 , page 7, Kemerdekaan

About Darwin Darkwin

" .. pegiat social media dan blogger amatir yang menjadikan media social khususnya blog ini sebagai media ekspresi dan idea-idea kreatif."

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: