Paskibraka, Anak Terbaik Bangsa Pengibar Sang Merah Putih

Metrotvnews.com – Pengibaran bendera dalam upacara peringatan HUT RI ke-67, dilakukan oleh pasukan pengibar bendera yang anggotanya berasal dari seluruh Indonesia.

Setiap tahun upacara 17 Agustus selau dilakukan oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dari seluruh Indonesia. Beranggotakan 66 orang, tim Paskibraka diseleksi dari 33 provinsi di Indonesia. Tiap provinsi mengirimkan dua orang masing-masing seorang putra dan putri yang dianggap memenuhi syarat.

Para anggota Paskibraka yang berusia 15 hingga 17 tahun ini ditempatkan sebagai pasukan inti, yang dibagi dalam dua pasukan. Yaitu pasukan 17 dan pasukan 8.

Pemilihan anggota Paskibraka dilakukan bertahap. Dari tingkat sekolah berlanjut ke seleksi kecamatan, kabupaten, hingga seleksi tingkat provinsi yang diikuti lebih dari seribu siswa SLTA.

Setelah terpilih, mereka diberi pembekalan sebagai pasukan pengibar bendera dalam upacara tingkat nasional.

Para anggota Paskibraka baru akan mengetahui posisinya masing-masing, beberapa jam sebelum upacara dimulai. Dan ini selalu menjadi bagian paling menegangkan sekaligus mengesankan bagi para siswa.(DNI)

About Darwin Darkwin

" .. pegiat social media dan blogger amatir yang menjadikan media social khususnya blog ini sebagai media ekspresi dan idea-idea kreatif."

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: