Anggaran Upacara di Istana Rp 7,8 Millar

Beberapa item sebenarnya masih bisa dihemat.

Sinar Harapan – Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra) mengkritik pembiayaan upacara HUT RI ke-67 di Istana Merdeka 17 ,Agustus mendatang. Anggaran sebesar Rp 7,8 miliar tersebut dinilai terlampau besar dan merupakan sebuah pemborosan.

“Ini sungguh-sungguh luar biasa, dan fantastis hanya untuk sebuah acara ceremonial kenegaraan,” kata Koordinator Investigasi dan Advokasi Seknas Fitra Uchok Sky Khadafi di Jakarta, Selasa (14/8).

Uchok berpendapat anggaran,sebesar itu sama sekali -tidak sesuai dengan semangat penghematan yang sering didengung-dengungkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apalagi, katanya, negara masih belum bebas dari jeratan utang clan masih banyak orang miskin karena sumber daya alam yang dikuasai elite politik untuk kepentingan sendiri.

Data mengenai anggaran upacara negara itu diperoleh Seknas Fitra berdasarkan kumen lelang penyelenggaran HUT RI ke-67 di Sekretariat Negara dan Kementerian Keuangan. Total anggaran menurut temuan sebesar Rp 7.830.134.700 dengan alokasi anggaran terbesar adalah untuk pemberian suvenir kepada para undangan yang mencapai Rp 1,7 miliar. Kemudian untuk sewa pemakaian AC standing floor, misting fan, cooling fan, CCTV dan camera shooting sebesar Rp 1,1 miliar. Uchok berpendapat beberapa item seharusnya bisa lebih dihemat, misalnya untuk suvenir kepada undangan dan pengadaan pakaian untuk para pejabat eselon.

Bukan Acara Kelurahan

Sementara itu, Ketua Peringatan Hari-hari Besar Nasional Lambock Nahattands tidak membantah temuan Seknas Fitra tersebut. Namun jika dituding pemborosan, Lambock menyatakan ukuran besar atau tidak besar biaya harus disesuaikan dengan kegiatan itu sendiri. “Itu pantas nggak untuk HUT Proklamasi. jach jangan dibandingkan dengan acara di kelurahan,” kata dia.

Lambock menyatakan, semua perhitungan anggaran dilakukan dengan proses yang transparan dan benar. “Waktu pengajuan anggaran tahun 2012 itu sudah dihitung, demikian juga pelaksanaan pekerjaan itu dilakukan secara transparan,” tuturnya.

Sementara Ketua Panitia HUT RI ke-67, Nanang Djuana Priyadi menyatakan, undangan untuk menghadiri peringatan HUT Proklamasi di Istana Merdeka mencapai 8.000 orang. Seluruh pejabat lembaga negara dan para menteri kabinet ikut diundang, tak ketinggalan seluruh duta besar dan perwakilan diplomat negara sahabat, anggota DPR dan DPD serta keluarga mantan presiden dan wakil presiden.

Talc hanya itu, turut diundang juga pejabat eselon 1 dan 2 di lembaga negara dan pemerintahan, para veteran, warakawuri dan keluarga pahlawan nasional; berbagai ormas, pelajar, pramuka, juga kalangan media massa.

Sinar Harapan, 15 AGustus 2012, page 2, Nasional, Vidi Batlolone

About Darwin Darkwin

" .. pegiat social media dan blogger amatir yang menjadikan media social khususnya blog ini sebagai media ekspresi dan idea-idea kreatif."

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: