Anak Papua Harus Masuk Tim Delapan Paskibraka

Cenderawasihpos.com – Dua orang wakil Provinsi Papua yang terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklmasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, 17 Agustus mendatang, diharapkan dapat masuk Tim Delapan Paskirbraka.

Terkait hal itu, Sekretaris Pengprov Prna Paskibraka Indonesia (PPI) Papua, Tommy Wattimena Krake, berharap adanya dukungan dari Pemprov Papua, KNPI dan masyarakat agar dua wakil Provinsi Papua ini bisa masuk Tim Delapan Paskibraka. “Secara fisik, mental maupun penguasaan kultur sudah cukup baik sehingga dan dapat memenuhi kriteria sebagai petugas inti dalam pasukan delapan nanti,” bebernya.

Dikatakan, Tim Delapan merupakan pasukan inti dalam pengibaran bendera yang bertugas mengambil bendera pusaka dari Presiden RI selaku inspektur upacara dan mengibarkannya di tiang 17 yang  berada di Istana Merdeka. “Untuk itu tahun ini, kami selaku pengurus Provinsi Purna Paskibraka Indonesia Papua mengharapkan dalam tim inti nanti bisa ada pemuda Papua. Sebab ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Papua nantinya,” ungkap Tommy.

Tommy mengaku mengajukan surat audiensi kepada petinggi di Provinsi Papua namun sampai saat ini belum ada petunjuk terkait surat yang dikirimnya. Ia berharap agar para Muspida memberikan semacam rekomendasi kepada pemerintah pusat dalam hal ini Menpora agar putra/putri Papua itu masuk dalam tim delapan.

“Kami bangga sebagai pemuda-pemudi Papua lewat pioner kami Alm. Frans Wospakrik dan Ibunda. Dorkas Dwaramury yang pada tahun 1969 menjadi pasukan pengibar pertama dari Papua yang berkiprah dan mengharumkan nama Papua.  Kami ingin tahun ini anak-anak Papua bisa mengulanginya,” harapnya.

Dirinya juga berharap, dukungan penuh dari seluruh pengambil kebijakan Provinsi Papua. Karena kata Tonny, Papua merupakan bagian dari NKRI dan darah merah serta putih tulang merupakan semangat pemuda papua, untuk itu pihaknya ingin ada sebuah kebanggan tersendiri bagi Papua di tahun ini (lay/nat)

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: