Pemusatan Latihan Capaska 2012 Jakarta Pusat

Cilodong – Jawa Barat – Pemusatan Latihan (Training Centre) merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Suku Dinas Olahraga dan Kepemudaan Kota Administrasi Jakarta Pusat dibantu oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Administrasi Jakarta Pusat. Selain sebagai pembekalan dan penggemblengan mental untuk persiapan pengibaran 17 Agustus nanti, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter Calon Anggota Paskibraka (Capaska) Tingkat  Kota Administrasi Jakarta Pusat tahun 2012. Kondisi lebih baik dan kesatuan jiwa angkatan mereka menjadi sasaran lain dari pemusatan latihan ini. Pemusatan latihan  ini bertempat di Wisma Atlet Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat selama 3 hari terhitung mulai Jumat, (6/7) s.d. Minggu, (8/7).

Berbagai rangkaian acara diikuti dengan penuh semangat oleh Capaska 2012. Berbagai topik materi diberikan oleh pembicara diantaranya Kak Ferdis Himawan (PPIJP 1997) yang memberikan materi team building dan kerjasama. Selain itu ada pembicara dari luar PPI Jakarta Pusat Kak Nizar yang merupakan Marketing Manager PT AeroTrans Jakarta. Kak Nizar mengangkat materi manjemen organisasi.

Dalam kesempatan berikutnya, dukungan penuh diberikan oleh Pemerintah Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Olahraga dan Pemuda. Hal ini disampaikan oleh Kasie Kepemudaan Suku Dinas Olahraga dan Pemuda Jakarta Pusat, Bapak Akros Abidin M.Pd,. “Suku Dinas Olahraga dan Pemuda mendukung sepenuhnya kegiatan ini agar tercipta pemuda yang membangun Indonesia lebih baik,” kata Bapak Akros saat menyampaikan sambutan di hadapan orang tua Capaska 2012.

Malam terakhir, yakni Sabtu (7/7) menjadi puncak pelaksanaan pemusatan latihan Capaska 2012 Jakarta Pusat. Sebuah acara yang sudah mendarah-daging dan menjadi tradisi dalam kegiatan pemusatan latihan yakni malam dimana Capaska diberikan pembekalan mental yang kokoh dan kuat untuk menjadi sosok Paskibraka sejati yang diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Dalam kegiatan ini Andi Mufaini selaku Ketua PPI Jakarta Pusat ikut terjun langsung sekaligus mengawasi jalannya kegiatan ini dibantu dengan  senior-senior PPI Jakarta Pusat lainnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, Capaska 2012 dapat lebih bersatu dan melaksanakan tugas, yakni pengibaran 17 Agustus 2012 dengan baik,” ungkap Kak Fai, panggilan akrab Andi Mufaini. Materi  respek, loyalitas, etika, serta evaluasi PBB (Peraturan Baris-berbaris) ditekankan dalam kegiatan tersebut. Kegiatan malam kedua ini ditutup dengan renungan yang diberikan oleh Dwi Sasongko PPI Jakarta Pusat tahun 2005. Rasa mencintai terhadap orang tua merupakan topik pembahasan dari renungan malam yang berlangsung khidmat.

Dengan berakhirnya pemusatan latihan Capaska 2012 Jakarta Pusat diharapkan seluruh nilai yang telah diberikan kepada Capaska dapat diterapkan dalam waktu ke depan. Seorang Paskibraka sejati diharapkan dapat tercipta dari kegiatan seperti ini. (NIN/AKN)

[Untuk komentar harap ditulis : Nama, Asal Paskibraka, dan tahun Paskibraka]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: